Rabu, 04 April 2012

1-11-1512: Mahakarya Michelangelo Dipamerkan

Lukisan itu mewakili kecemerlangan Michelangelo sebagai seniman legendaris


Lukisan karya Michelangelo di langit-langit Sistine Chapel (Wikimedia Commons / Erzalibillas)
 
 Pada 499 tahun yang lalu, lukisan mahakarya Michelangelo di langit-langit gedung Sistine Chapel, Roma, mulai dipamerkan untuk umum. Menurut The History Channel, lukisan berjudul "Penciptaan Manusia Pertama" itu mewakili kecemerlangan Michelangelo sebagai salah satu seniman terkemuka Eropa di Zaman Pencerahan (Renaissance).

Lahir di desa Caprese pada 1475 dari keluarga birokrat, Michelangelo Buonarroti bertumbuh di Kota Florence yang menjadi pusat gerakan Renaissance di masa awal. Di usia 13 tahun Michelangelo sudah menunjukkan diri sebagai seniman berbakat sehingga disukai oleh penguasa Republik Florentina, Lorenzo de Medici.

Setelah menunjukkan kebolehan sebagai pematung, dengan memunculkan beberapa karya seperti Pieta (1498) dan David (1504), Michelangelo mendapat proyek khusus dari Vatikan. Dia dipanggil ke Roma untuk melukis langit-langit gedung Sistine Chapel yang megah. Jadilah lukisan "Penciptaan Manusia Pertama."

Setelah 15 tahun menjadi arsitek di Florence, Michelangelo kembali lagi ke Roma pada 1534 dan bekerja di sana hingga akhir hayat. Michelangelo lagi-lagi mendapat proyek di Sistine Chapel, kali ini melukis dinding bagian atas altar. Atas pesanan Paus Paulus III, dia melukis dengan tema "Penghakiman Terakhir." 

Michelangelo tetap aktif bekerja hingga wafat pada 1564. Saat itu usianya sudah 88 tahun. Bagi dunia seni, dia merupakan legenda besar, di samping sastrawan William Shakespeare dan komponis Ludwig van Beethoven.  
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...