Senin, 30 Juli 2012

Kashgar, Pesona Kota Tua Muslim di China


Kita mungkin tak akan sadar tengah berada di salah satu kota di China.
Jejak-jejak peradaban Islam terserak di Kota Tua Kashgar, China. (uyghuramerican.org)

Orang menyebutnya Kota Tua Kashgar. Kota terbarat di China ini merupakan destinasi wisata Islam yang menarik dikunjungi. Jejak-jejak peradaban Islam terserak di sana.

Ada Masjid Idkah. Masjid ini menyimpan sejarah panjang sebagai pesantren bagi ulama-ulama besar yang berpengaruh dalam penyebaran Islam di daratan China. Masjid yang kini menjadi pusat aktivitas umat muslim terbesar di China itu dibangun pada 1442.

Ada pula komplek makam Abakh Hojam, penyebar Islam di Kashgar dan kota-kota di sekitarnya. Makam yang terletak sekitar lima kilometer dari pusat kota ini dibangun pada 1640.

Jika tak melihat papan-papan bertuliskan huruf-huruf khas, kita mungkin tak akan sadar tengah berada di salah satu kota di China.

Seperti dikutip Times of India, banyak perempuan berkerudung. Rumah-rumah dan bangunan pun kental dengan arsitektur bernuansa Islam khas abad ke-10. Berdinding tanah liat dan adonan jerami. 

Selain wisata religi dan wisata alam menikmati pesona bangunan dari puncak bukit, banyak wisatawan yang tertarik datang ke Kashgar untuk menelusuri jejak perdagangan Jalan Sutra. Maklum, kota ini merupakan jalur penting yang menghubungkan Asia dan Eropa.

Bazzar KashgarYang biasanya menjadi tujuan favorit adalah Bazzar Kashgar. Di pusat pertokoan yang sudah ada sejak 2.000 tahun lalu ini, wisatawan bisa melampiaskan hasrat belanja. Berbagai produk khas Kashgar, Pakistan, Afganistan, Rusia, dan China terserak di sini.

Masih belum puas? Ada satu spot wisata lagi yang sayang jika terlewat: Pasar Ternak Goza. Pasar yang menjadi pusat perdagangan domba ini menarik dikunjungi mengingat Kashgar juga populer sebagai "Kota Sejuta Domba".

Wisata Kashgar bisa ditempuh melalui jalur penerbangan dari Beijing. Butuh waktu sekitar tujuh jam dengan transit di Urumqi. Sementara itu, jalur darat memungkinkan ditempuh dari sejumlah negara perbatasan seperti Kirgistan, Tajikistan, Pakistan, dan Afganistan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...