Rabu, 09 Mei 2012

Penemuan Katak Purba Sebesar Ayam


Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan flora dan fauna. Kekayaan fauna Indonesia, baru baru ini bertambah dengan ditemukannya katak purba yang berukuran sebesar ayam. Katak raksasa tersebut ditemukan oleh tim ekspedisi Kahtulistiwa subkorwil 03 Putussibau. Ukuran katak raksasa tersebut dengan panjang sekitar 41 cm dan lebar mencapai 18 cm. Tim ekspedisi menemukan katak tersebut di Gunung Batu Lobang Tanah, Putussibau Kalimantan Barat.
Tim yang dikomandoi oleh Letda Inf Muhammad Zoddiqul tersebut sedang menjelajah patok perbatasan RI-Malaysia saat menemukan spesies langka tersebut.“Kodok berukuran besar itu kami temukan tengah hinggap di atas sebatang pohon besar yang telah tumbang,” kata Zoddiqul, Rabu (2/5).
Katak tersebut memiliki tekstur kulit yang hampir mirip buaya yang keras dan kasar.“Terdapat tonjolan keras dan kasar seperti kulit buaya,” Ujar Zoddiqul.
Katak yang ditemukan tersebut lantas dilepaskan kembali ke habitatnya semula setelah didokumentasikan. Namun pihak Tim Ekspedisi akan melakukan penelitian lebih lanjut terkait penemuan katak raksasa tersebut.“Kami akan menerjunkan tim peneliti ke wilayah ditemukannya kodok itu. Tim akan memastikan spesies kodok itu dan seberapa banyak populasinya,” kata Aidi Wadansubkorwil 03/Putussibau.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...