Kamis, 02 Februari 2012

Wisata, Serba-serbi Menyelam

Serba-serbi Menyelam


Menyelam atau diving akhir-akhir ini semakin menjadi salah satu olahraga yang populer dan dianggap “gaul”. Menyelami kehidupan bawah laut memang sangat menyenangkan, apalagi di Indonesia — yang merupakan negara kepulauan dengan biota bawah laut yang paling beragam di dunia.


Foto: AP/David J Phillips

Sayangnya, banyak yang belum sadar akan bahaya di balik kegiatan ini, yang dapat menyebabkan kematian. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk belajar menyelam, silakan perhatikan beberapa poin berikut:

Olahraga


Patut disadari, menyelam adalah salah satu olahraga dengan risiko tinggi. Konon tingkat bahayanya nomor dua setelah terjun payung. Namun tidak perlu takut. Asalkan dipelajari dan dilakukan dengan benar, menyelam adalah olahraga yang sangat mengasyikkan dan aman.

Selam juga dipertandingkan di kompetisi olahraga nasional dan internasional — meski tidak menggunakan tabung udara. Di Indonesia, olahraga ini bernaung di bawah Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia.

Belajar selam


Modal dasar untuk menyelam adalah kondisi kesehatan yang baik, bisa berenang (bukan jago berenang), dan merasa nyaman berada di dalam laut. Tapi sebelum Anda ikut kursus selam di suatu tempat, sebaiknya pelajari dulu hal mendasar tentang selam dari berbagai sumber. Misalnya apa dan bagaimana menyelam, apa saja yang dibutuhkan untuk belajar menyelam, ragam organisasi yang ada, dan bagaimana menilai suatu perusahaan selam yang baik.

Kehati-hatian memilih tempat belajar sangat penting karena saat ini menyelam sudah menjadi komoditas pariwisata dan banyak pihak mengeruk keuntungan tanpa mengindahkan ketentuan yang berlaku. Mengingat tingginya bahaya yang bisa ditimbulkan dari cara menyelam yang ngawur, ada baiknya Anda memeriksa kapabilitas instruktur yang akan mengajar Anda ke pihak lain. Setiap instruktur memiliki nomor identitas sertifikasi (seperti no. SIM) yang dapat Anda periksa kesahihannya.

Sertifikasi


Untuk bisa menyelam di berbagai tempat, diperlukan sebuah sertifikat selam layaknya SIM. Sertifikasi ini mempunyai beberapa tingkatan, mulai dari pemula (perairan terbuka, open water) sampai instruktur. Untuk “naik kelas” diperlukan berbagai persyaratan dan ujian kenaikan tingkat.

Di Indonesia, sertifikasi selam ada berbagai jenis dan dikeluarkan oleh organisasi selam yang kiblatnya berbeda-beda, seperti yang induk organisasinya di Perancis atau Amerika Serikat. Ibarat sekolah, pada dasarnya semua mengajarkan hal yang sama tapi dengan kurikulum dan gaya mengajar yang berbeda. Tinggal tergantung preferensi Anda, lebih suka yang mana.



Wisata selam


Setelah memiliki lisensi menyelam yang berlaku internasional, barulah Anda dapat menyelam di mana pun di dunia sesuai dengan tingkat kemampuan. Anda bisa mengikuti wisata selam, yaitu sebuah paket perjalanan yang diselenggarakan oleh perusahaan atau klub selam dengan tujuan utama menyelam di suatu area.

Paketnya pun beragam; ada yang hanya mengurusi kegiatan selam, ada yang juga mengurus transportasi dan akomodasi diluar selam, bahkan ada paket live on board yaitu paket perjalanan beberapa hari dengan menggunakan sejenis kapal pesiar yang berkeliling dari satu titik ke titik lain.

Lain-lain


Jika Anda benar-benar serius untuk menggeluti olahraga ini, lebih baik memiliki sendiri peralatan selam lengkap (kecuali tabung) dan rajin meningkatkan kemampuan secara teratur. Kalau Anda belajar selam hanya untuk bersenang-senang saat jalan-jalan, sebaiknya jarak waktu menyelam dari satu masa ke berikutnya tidak terlalu jauh.

Bisa juga minta seorang instruktur untuk menyegarkan kembali kemampuan Anda sebelum melakukan perjalanan. Terakhir, ingatlah untuk selalu mematuhi ketentuan penyelaman karena nyawa Anda taruhannya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...