Selasa, 05 April 2011

Mesjid Terunik Di Indonesia



Banyak keunikan yang bisa kita lihat dari beberapa tempat ibadah. Misalnya saja Masjid. Dibeberapa daerah, selain menjadi tempat ibadah mesjid juga dikunjungi karena keunikan bangunanya. Berikut ini beberapa masjid unik yang ada di negeri kita



1. Mesjid Cheng Ho




Mesjid Muhammad Cheng Ho berada di jalan gading, Kota surabaya. Mesjid Ini tercatat di Musium Rekor Indonesia (MURI) sebagai salah satu mesjid terunik. bangunan Mesjid Ini tidak terbntuk seperti mesjid pada umumnya karena dibuat dengan arsitektur khas Tiongkok. Bentuk Bangunan Ini mirip Masjid Niu Jie di Beijing yang berusia lebih dari seratus tahun.

2. Mesjid An Nurumi





Mesjid An Nurumi merupakan mesjid kecil di tepi jalan Jogja-Solo dengan Arsitektur cukup unik. Kubah Atapnya mirip bangunan di Moscow, Russia. Kubahnya berbentuk aneh dan berwarna-warni. Mesjid Ini dikenal juga dengan nama Mesjid Kremlin. Ada Juga yang menjuluki Mesjid Permen, Sebab Kubahnya Warna-Warni mirip permen Lolipop


3. Mesjid Menara Kudus





Mesjid Menara kudus disebut juga sebagai mesjid Al Aqsa dan Masjid Al Manar adalah Mesjid yang dibangun oleh Sunan Kudus. Keunikan Dari bangunan Mesjid Ini adalah Menara Berbentuk Candi bercorak Hindu Majapahit.
Bentuk arsitekturalnya yang sangat khas untuk sebuah menara mesjid itulah yang menjadikannya begitu mempesona. Keunikan Lainya, mesjid ini dibangun dengan menggunakan Batu dari Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu permata. Mesjid Ini terletak di kabupaten Kudus, Jawa Tengah.
4. Mesjid Bawah Tanah Tamansari


Mesjid Taman Sari terletak di bawah tanah kompleks Taman sari Jogjakarta. Mesjid Taman Sari dibangun pada paruh pertama abad lalu. Mesjid Ini Memiliki Arsitektur unik, Mesjid bawah tanah ini terdiri atas dua lantai berbentuk bulat dengan rongga-rongga jendela di bagian luarnya.
Lantai Bawah dipakai Untuk Jemaah wanita, lantai Atas Untuk jamaah Pria. tangga dari lantaibawah menuju ke lantai atas terletak di tengah-tengah lingkaran. Selain itu terdapat sebuah kolam kecil berbentuk bulat di tengah mesjid serta tangga yang melintang diatasnya.

5. Mesjid Pintu Seribu




Mesjid Pintu Seribu atau lebih dikenal dengan mesjid Sewu (seribu) memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan mesjid lainya, karena mesjid ini memiliki seribu pintu.
mesjid serimbu ini menjadi salah satu tempat paling menarik bagi wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal tapi, wisatawan asing. Mesjid ini terletak di Kampung. Bayur Tangerang

6. Mesjid Perahu





Mesjid Yang Terletak di sebuah gang kecil yang terapit oleh apartemen Casablanca, Jakarta ini aslinya bernama Al Munada Darsussalam, Mewsjid ini lebih dikenal dengan mesjid perahu karena di samping mesjid terdapat bangunan beton yang menggambarkan sebuah perahu raksasa.
Bangunan Berbentuk Perahu tersebut difungsikan sebagai tempat untuk berwudhu untuk kaum muslimat, sementara untuk kaum muslimin berada pada sisi yang berbeda. Suatu keunikan yang tidak dimiliki oleh mesjid-mesjid lainya.

7. Mesjid Cipari




Mesjid Cipari Atau A-Syuro, adalah salah satu mesjid tertua di garut, jawa barat. Bentuk Bangunan ini cukup unik, karena mirip bangunan gereja dengan bentuk bangunanya yang memnjang dengan pintu utama persis ditengah-tengah muka bangunan, juga keberadaan menaranya yang terletak diujung bangunan persis diatas pintu utama. Mesjid Cipari ini juga memiliki sejarah perjuangan, Karena Dahulu digunakan sebagai basis perjuangan rakyat dan tentara.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...